Ingin Hijab Anda Awet? Hindari Kesalahan Ini


Bagi seorang muslimah, hijab adalah hal yang utama. Berbagai jenis hijab digunakan untuk melengkapi fashion hijab para muslimah. Sebab saat ini semua model berbusana muslim begitu beragam dan sangat modis. Macam-macam hijab dari model jilbab segiempat hingga model jilbab langsung pakai dari berbagai bahan tersedia mewarnai hijab Indonesia.

Dari berbagai kerudung atau scarf yang dikenakan muslimah tentu akan membutuhkan perawatan yang ekstra. Hal ini untuk menjaga keawetan dari kerudung segiempat maupun jilbab langsung yang kita miliki. Tentu harapan kita hijab-hijab tersebut bisa awet dan dapat dikenakan sewaktu-waktu untuk dipadukan dengan busana muslim kita.

Maka proses perawatan hijab yang benar sangat diperlukan untuk menjaga keawetan scarf yang kita miliki. Hal ini dikarenakan berbagai model hijab memiliki karakteristik dan model perawatan berbeda-beda. Oleh sebab itu simak beberapa kesalahan yang harus Anda hindari atas hijab-hijab tersebut.

1. Mencampur semua jenis hijab dalam satu cucian

Sebagian dari Anda biasanya mencampurkan semua hijab kotor yang ada dalam satu cucian. Hal ini hanya akan merusak keadaan kerudung Anda. Bisa jadi ini dapat mengakibatkan luntur dan mengenai hijab lain. Jadi Anda harus memisahkan kerudung-kerudung tersebut sesuai waarna dan bahan yang rentan rusak seperti yang berserat renggang. Pisahkan warnanya, misal warna-warna cerah jadikan satu dengan sesamanya, yang bercorak satukan dengan yang warna bold, dan yang gelap sendirikan. Bila masih baru biasanya ada beberapa bahan yang luntur, jadi sebaiknya pisahkan.

2. Mencuci dengan mesin cuci

Kebiasaan yang kerap dilakukan adalah mencuci hijab adalah dengan mesin cuci. Mencuci dengan mesin hanya akan membuat benang pada hijab Anda rusak dan lekas pudar. Selain itu, bila kerudung Anda terdapat detail seperti payet bisa jadi mesin cuci hanya akan merusaknya. Jadi sebaiknya cucilah kerudung Anda dengan tangan karena akan lebih aman dan awet.

3. Menggunakan pemutih

Noda akibat makanan, minuman, atau benda-benda lain dapat membuat hijab Anda kotor dan membekas sulit dibersihkan. Biasanya Anda akan menggunakan satu cara yang dianggap benar untuk hilangkan noda yaitu dengan menuangkan pemutih pakaian. Hal ini justru kesalahan karena hanya akan menyebabkan hijab Anda rusak warna dan serat bahannya. Sebaiknya tetap cuci dengan tangan, tambahkan cuka pada air cucian atau dengan menggosokkan lemon pada bagian yang terkena noda kemudian kucek perlahan.

4. Melakukan pemerasan dengan keras pada hijab

Bila Anda mencuci kerudung biasanya ada kesalahan yang dilakukan yaitu memeras dengan sembarangan sebelum menjemurnya. Proses pemerasan terlalu kuat hanya akan membuat materi hijab Anda rusak, serat-serat benang akan renggang bahkan bisa putus karena kesalahan tersebut karena memang serat bahan hijab lebih sederhana dibanding pakaian. Jadi sebaiknya peras secara perlahan dan gantung pada hanger pakaian.

5. Menjemur dengan sembarangan

Menjemur hijab tidak dilakukan sembarangan sebab hanya akan membuat warnanya pudar akibat terik mentari. Sebaiknya jemur hijab Anda pada tempat yang teduh, tidak terkena sinar matahari langsung.

6. Menyetrika hijab sembarangan

Menyetrika secara sembarangan adalah salah satu hal yang akan mempercepat rusaknya kerudung. Anda harus mengatur panas setrika sesuai dengan bahan hijab. Sebab bila Anda sembarangan menyetrika justru akan merusak seperti adanya lubang pada kerudung akibat suhu terlalu panas atau justru membuat kusut. Sebaiknya setrika bagian dalam kerudung dan atur suhu setrika Anda. untuk hijab berbahan sutra sebaiknya disetrika saat keadaan setengah kering, hal ini untuk menghindari permukaan hijab menempel pada alas setrika.

Dari beberapa kesalahan di atas maka mulai sekarang Anda harus menghindarinya dan merawat hijab Anda dengan baik. Apalagi jika hijab Anda memiliki kualitas bagus dan mahal harganya. Tentu Anda tidak ingin hijab tersebut rusak karena kesalahan-kesalahan yang Anda perbuat sendiri. Maka memilih hijab berkualitas seperti hijab elzatta adalah pilihan tepat. Tak perlu khawatir, akan banyak model dari brand tersebut, banyak pula model jilbab segiempat tersedia.


Ads

No comments:


Top