Tips Untuk Tampil Muslimah Saat Wisuda


Setiap mahasiwa tentunya akan mengakhiri masa studi kuliahnya dengan wisuda. Momen ini pastinya adalah sebuah momen yang sangat ditunggu tunggu. Acara wisuda biasa didisi dengan pengukuhan wisudawan wisudawati, pada saat seperti ini wisudawan dan wisudawati harus berjalan diatas panggung.

Kerena wisuda adalah momen yang spesial, persipan untuk acara ini juga harus sangat spesial. Pada prosesi wisuda, wisudawan dan wisudawati akan tampil semaksimal mungkin. Penampulan maksimal ini tak terlepas dari pakaian yang dikenakan. Bagi wisudawan pakaian yang dikenakan cukuplah dengan kemeja, jas, celana serta dasi. Namun bagi wisudawati khususnya muslimah yang memakai hijab, akan sedikit lebih ribet. Wisudawati harus memilih kebaya, mode hijab serta make up yang digunakan.

Agar muslimah tetap bisa tampil menarik saat wisuda, tentunya apa yang dikenakan haruslah sesuai dengan porsinya. Tak berlebihan dalam hal make up dan juga tak memakai kebaya dengan mode yang minim. Beberapa tips yang perlu diperhatikan oleh muslimah saat menyiapkan penampilan untuk wisuda antara lain :

1. Kebaya

Kebaya yang harus dipilih adalah kebaya muslimah, yaitu kebaya yang di design dengan memperhatikan adab berpakaian menurut islam. Ada berbagai jenis kebaya yang dapat dipilih, yaitu kebaya yang hanya terdiri dari atasan panjang ataukah kebaya modern yang berupa kombinasi gaun dan kebaya. Tujuan dari design kebaya muslimah tetaplah sma, yaitu mengcover bagian paha, pantat, dan dada agar yak memperlihatkan lekuknya.

Apapun jenis kebaya yang anda pilih, perhatikan tips pemilihan kebaya berikut:

  • a. Bentuk tubuh
Wanita memiliki beragai macam bentuk tubuh, unruk itu sesuaikan bentuk tubuh dengan model kebaya. Jika bertubuh gemuk, sebaiknya gunakan balutan kebaya warna gelap dengan detail hiasan bermotif besar. bagi yang bertubuh terlalu kurus hindari kebaya dengan lengan yang telalu lebar. Sedangkan bagi yang bertubuh ideal semua mode kebaya akan cocok.

  • b. Bahan kebaya
Pilihlah kebaya dengan detail dari brokrat atau sulam benang, karena kebaya dengan detail atau motif dari manik biasanya akan menimbulkan rasa gatal jika dipakai dalam waktu lama. Pastikan pula anda mengenakan manset sebelum menggunakan kebaya untuk mensiasati bahan kebaya yang transparan.

2. Aksesoris
Gunakan assesoris pendukung seperti tas atau dompet, wedges atau high heels atau assesoris tambahan lainnya. Pastikan assesoris tersebut cocok dengan warna kebaya.

3. Hijab
Yang paling penting bagi muslimah saat wisuda adalah hijab. berbagai tutorial hijab indonesia yang cocok untuk wisuda bisa anda terapkan. Anda bisa mengunakan jilbab segi empat maupun scraft yang dibentuk sedemikian rupa mengikuti tutorial, namun untuk hasil yang lebih baik sebaiknya anda kunjungi salon kecantikan yang telah dipercaya menguasai fashion hijab.

Jika anda memutuskan untuk mengunakan jasa salon, sebaiknya anda membawa jilbab sendiri, karena jilbab yang disediakan salon biasanya memilki bahan yang tak nyaman digunakan. Setidaknya bawalah 2 kerudung segi empat dan juga ciput berbahan kaos, untuk kenyamanan gunakan kerudung dengan bahan poliester (misal hijab elzata) karena bahan ini tak mudah lecek serta mudah dibentuk.

4. Make up
Gunakan make up yang tak terlalu menor namun tetap sesuai untuk acara formal. Hindari penggunaan glitter dan warna terlalu menyala.

Dengan menerapkan tips diatas, anda tetap bisa untuk tampil chic dan fashionable saat wisuda tanpa menghilangkan unsur syar’i. Ingat tak perlu seksi untuk tampil cantik, yang tepenting adalah menghargai diri sendiri dengan menutup aurat dan juga memancarkan kecantikan dari dalam.

Demikianlah ulasan terkait tips untuk tampil muslimah saat wisuda, semoga bermanfaat.


Ads

2 comments:

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...
This comment has been removed by the author.


Top