4 Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Memulai Bisnis E-Commerce


Bisnis e-commerce adalah salah satu bisnis yang saat ini banyak digunakan untuk mendulang keuntungan dari dunia online. Perkembangan teknologi online yang begitu pesat membawa dampak tersendiri dari bisnis ini sehingga mulai banyak orang yang awalnya bergerak di bidang offline mencoba mencari peruntungan dengan bisnis e-commerce. Nah berikut kami berikan beberapa tips memulai bisnis e-commerce yang mudah untuk hasil yang potensial.

1. Perencanaan profit yang matang

Hal pertama dalam yang harus diperhatikan untuk memulai bisnis e-commerce adalah dengan perencanaan matang seperti profit yang akan anda dapatkan dalam menjalankan bisnis tersebut. Setidaknya, anda harus memperhitungkan berapa biaya yang akan anda keluarkan dan hasil yang bisa didapatkan. Selain biaya, perhitungkan juga mengenai berapa jumlah tenaga yang dikeluarkan jika anda berencana merekrut orang untuk membantu anda dalam menjalankan bisnis tersebut. Apakah anda akan menggunakan tenaga full timer, part timer, dan sebagainya. Jika anda bekerja individu, tentu bukan menjadi masalah anda tak perlu memberikan gaji pada diri anda sendiri dalam menjalankan bisnis yang sedang anda bangun tersebut. Dengan begitu, maka perencanaan yang matang akan membawa anda pada kesuksesan dalam menjalankan bisnis e-commerce.

2. Mmelakukan sebuah riset kecil tentang minat konsumen serta harga produk serupa yang dibandrol oleh penyedia lainnya. 

Membandingkan harga produk tentu menjadi hal penting yang harus diperhatikan untuk memulai bisnis e-commerce. Dengan begitu, setidaknya anda tak perlu takut bila ternyata harga yang anda patok terbilang sangat mahal dibandingkan dengan produk lainnya yang serupa. Selain itu, pembidikan sasaran konsumen produk yang tepat juga akan membuat produk anda dalam bisnis e-commerce tersebut semakin laris. Hal ini karena sasaran yang tepat dalam penjualan produk ataupun jasa yang anda tawarkan akan lebih cepat mendapatkan respon. Anda bisa bayangkan jika anda tak merencanakan adanya sasaran produk yang tepat, tentu dalam waktu yang lama anda hanya akan melakukan semacam gambling sehingga tak memunculkan keuntungan apapun.

3. Kepuasan pelanggan tetap yang nomor wahid

Untuk konsep ketiga dalam 4 hal yang harus diperhatikan untuk memulai bisnis e-commerce adalah dengan berusaha untuk mengutamakan kepuasan pelanggan. Dalam sebuah bisnis, pelanggan adalah raja sehingga kepuasan mereka menjadi prioritas yang selalu harus diutamakan. Jika anda telah memberikan kepuasan pada pelanggan, maka bukan hal yang aneh jika pelanggan anda akan semakin banyak. Selain kepuasan pelanggan, anda juga harus memastikan bahwa pelanggan anda akan loyal terhadap produk anda. Satu pelanggan yang puas tentu akan memberitahukan pelayanan terbaik yang mereka dapatkan pada teman-teman mereka sehingga bisnis anda akan mendapatkan banyak untung. Inilah salah satu 4 hal yang harus diperhatikan untuk memulai bisnis e-commerce.

4. Mencari konsep yang tepat

Adapun hal terakhir dalam 4 hal yang harus diperhatikan untuk memulai bisnis e-commerce adalah dengan mencoba untuk mencari konsep yang tepat agar barang yang akan anda tawarkan bisa sampai di rumah pelanggan dengan aman. Meskipun banyak orang yang menganggap bahwa hal ini merupakan hal sepele, namun tidak ada salahnya jika dari awal anda mempersiapkan hal tersebut agar proses pengiriman barang lebih cepat diproses.

Itulah 4 hal yang harus diperhatikan untuk memulai bisnis e-commerce demi meraih banyak keuntungan. Memulai bisnis e-commerce tentu bukan sebuah hal yang bisa dilakukan tanpa adanya persiapan. Setidaknya, bagi anda yang masih pemula ada 4 hal yang harus diperhatikan untuk memulai bisnis e-commerce sehingga bisnis anda bisa berjalan dengan mulus.


Ads

No comments:


Top