Cara Memilih Bahan Kerudung Yang Nyaman


Cara memilih bahan adalah faktor yang penting saat memilih hijab. Bahan hijab sangat menentukan kerapian dan kenyamanan saat memakai hijab. salah memilih bahan hijab akan membuat pemakainya lebih sering menatap cermin untuk membenarkan posisi hijab yang dikenakan. Merepotkan bukan ?

Lebih parah lagi, bahan hijab yang kaku akan membuat proporsi kepala terlihat terlalu besar sehingga tidak proporsional dengan badan. Pemilihan bahan yang terlalu padat juga kan menimbulkan berbagai masalah lain seperti gerah, timbulnya ketombe, rambut rontok dan sebagainya.

Nah, agar terhindar dari berbagai permasalahan akibat salah pilih bahan hijab, peran hijabers perlu tahu cara memilih bahan hijab yang nyaman berikut :

1. Perhatikan tekstur

Kerudung yang nyaman digunakan adalah kerudung yang memiliki tekstur yang lembut ketika dipegang. Jangan pilih kerudung dengan tekstur yang licin atau kasar, karena kerudung dengan tekstur seperti ini akan sulit untuk dibentuk.

2. Perhatikan jenis kain

Pilihlah kerudung dengan bahan poliester. Kerudung dengan bahan poliester akan lebih adem serta nyaman digunakan, selain itu kerudung dengan bahan ini juga akan mudah kering, memiliki warna yang awet serta tidak mudah lecek walaupun tidak di setrika.

Brand kerudung ternama yang menggunakan bahan poliester adalah elzata. Kebanyakan hijab elzata menggunakan bahan poliester jenis polyspun,polysilky dan polywool.

Sayangnya kerudung dengan bahan polyester biasanya akan memiliki bau bahan kimia yang khas. Namun bau ini akan segera hilang setelah 3 atau 4 kali cuci.

3. Perhatikan model hijab yang akan dikenakan

Saat ini trend hijab indonesia menyuguhkan berbagai kreasi hijab, baik itu kreasi scraft maupun kreasi kerudung segi empat. Berbagai model hijab ini tentunya tak akan sesuai dengan semua jenis bahan hijab. Untuk itu perhatikan model seperti apa yang ingin anda tiru.

Jika anda ingin menggunakan mode kupu kupu misalnya, jilbab segi empat dengan bahan paris atau mumtas bisa jadi pilihan anda.

4. Perhatikan tepian hijab

Seringkali saat membeli hijab kita hanya terpaku pada warna dan motif hijab. Padahal bagi kita yang ingin berkreasi mengikuti fashion hijab, tepian atau jahitan pada tepi hijab harus benar benar diperhatikan agar menghasilkan tatanan hijab yang rapi, untuk itu pastikan tepian hijab anda telah dijahit dengan lurus serta rapi tanpa celah.

5. Perhatikan kesimetrisan

Perhatikan apakah hijab benar-benar simetris. Caranya lipat menjadi dua bagian hingga membentuk persegi panjang. Jika ujung hijab menyatu dan membentuk garis lurus maka hijab telah simetris.

6. Perhatikan ketebalan

Ketika memilih hijab, pilihlah hijab yang tak terlalu transparan agar rambut tak terlihat tembus. Kalaupun ingin mengunakan kerudung nyang tipis pastikan anda memakai ciput atau bandana berbahan kaos.

Jika ingin memilih kerudung yang agak tebal atau tebal pilihlah kerudung dengan anyaman benang yang tak terlalu rapat sehingga memberikan sirkulasi udara. Hal ini dimaksudan agar rambut anda tetap bisa bernafas dan tidak lembab sehingga meminimalisir kemnungkinan berketombe.

Selain memperhatikan cara memilih bahan yang tepat, perhatikan pula model hijab. Jangan gunakan hijab dengan terlalu banyak detail seperti manik manik atau sulaman, karena akan mempersulit anda ketika ingin mengkreasikan hijab. Motif yang terlalu ramai juga akan membuat anda kesulitan untuk memadukan jiblab dengan baju yang dikenakan. Ingatlah bahwa hijab dan baju adalah satu kesatuan pada tampilan anda. Karena itu selain nyaman anda juga harus memperhatikan keserasian.

Demikianlah ulasan seputar cara memilih bahan kerudung yang nyaman bagi anda para hijabers, semoga bermanfaat.


Ads

No comments:


Top